Mod Podge Second Trial

Semangat ber-Mod Podge ria sedang melanda !! Paling tidak saya merasa begitu.

Setelah sebelumnya berhasil bereksperimen dengan box karton dan kertas kado, sekarang saya menggunakan media kaleng bekas dan kain.

Kaleng bekas yang saya gunakan adalah kaleng bekas buah air merk S&W, yang kemarin saya gunakan untuk merendam kuas.

Kertas merk sengaja tidak saya lepas, demi menghindari kerut-merut kain setelah Mod Podge kering. Karena kaleng tersebut punya lekukan yang cukup banyak ….. dan mengkuatirkan

Seperti biasa, saya menggunakan bahan yang sama dengan eksperimen terdahulu

TIN CAN VS FABRIC 1

yaitu :

Mod Podge Gloss ( o ya, kali ini saya memindahkan Mod Podge saya ke tempat plastik yang bermulut lebar, sehingga kuas 2″ saya bisa masuk dengan mudah)

MOD PODGE CONTAINER 2

Kaleng bekas buah air

Kuas 2 inci (boleh diganti dengan yang lebih kecil, k.l 1 inci)

Gunting

Cutter dan X-Acto knife (yang ternyata tidak belum berguna, karena lebih mudah memotong kain dengan menggunakan gunting ….)

Pita pengukur dan penggaris

Cara mengerjakannya cukup mudah, yaitu :

1 Bersihkan kaleng dari debu

2. Siapkan bahan2 yang akan digunakan

3. Potong kain sedikit lebih besar sesuai ukuran kaleng. Jangan kuatir dengan kelebihannya…bisa ditekuk ke dalam/bawah kaleng kok

4. Oleskan Mod Podge secara merata ke permukaan kaleng

TIN CAN VS FABRIC 2

5. Tempelkan kain ke permukaan kaleng

(bagian ini tempat sambungan kain saling menyatu)

TIN CAN VS FABRIC 3

sambungan TIN CAN

6. Tekan-tekan lembut supaya kain menempel sempurna

7. Diamkan kaleng selama k.l. 4 jam

TIN CAN VS FABRIC 4

8. Setelah kering, lipat kelebihan kain ke bagian dalam dan bagian bawah kaleng, sehingga kelihatan lebih rapih’

(Harusnya bagian kain ini digunting, supaya melipatnya jadi lebih mudah dan hasilnya lebih rapi. Tapi karena ini bagian bawah, it’s ok for now)

Bagian bawah TIN CAN

bagian dalam TIN CAN

9. Diamkan kaleng selama k.l. 4 jam (lagi !)

10. Oleskan Mod Podge secara merata ke permukaan kain supaya kain tidak mengelupas dan lebih tahan terhadap goresan

Dari yang saya baca, setelah lapisan Mod Podge terakhir dioleskan, bahan jadi lebih tahan air. Tapi saya belum berminat merendam hasil eksperimen saya di dalam air … hahahaha

Yang saya suka, Mod Podge Gloss yang awalnya berbentuk pasta berwarna putih akan berubah menjadi transparan waktu mengering. Tidak merusak pemandangan deh 🙂

(sepertinya saya perlu menambahkan lampu supaya hasil foto terlihat lebih jelas…..)

Sampai saat ini saya sudah melapisi 3 macam bahan dengan mod podge

mod podge results

Yang bermotif garis-garis biru itu ember ayam gorengnya KFC. Karena bentuk ember dan bahannya yang oke untuk dijadikan tempat menyimpan ini dan itu, jadi saya tertarik untuk melapisinya dengan kain  (supaya tidak dianggap penggila KFC !)

Ada yang mau mengikuti jejak saya ber-Mod Podge?

3 thoughts on “Mod Podge Second Trial

  1. Hi! saya sedang mencari inspirasi untuk kerajinan waktu saya menemukan blog kamu. dari beberapa postingan, saya lihat kamu banyak menggunakan mod podge. saya ingin tahu apakah kamu bisa memberitahu saya bagaimana cara mendapatkan mod podge. saya tinggal di Depok. Terimakasih. God bless you.

  2. Pingback: Mod Podge : ready stock !!! | thestorewecalledours

Leave a Reply

