Jalan – jalan : Hotel, Motel, etc (Bagian 1)

Jalan – jalan, refreshing, dan liburan adalah sekumpulan kata2 yang paling disukai orang. Termasuk saya. Penghuni kota kecil yang hampir tidak mengenal liburan.

Foto2 di post ini bukan foto baru. Juga bukan hasil copy/paste dari google images. Semuanya murni foto dari kamera poket / kamera handphone saya dan suami.

Foto2 lama yang tertumpuk di hard disk, dan akhirnya saya masukkan di blog. Karena foto2 ini memberikan banyak ide dan masukan untuk rumah kami.

Kali ini saya menampilkan foto2 dari Losari Resorts & Coffee Plantation yang terletak di Magelang. Dulunya milik seorang warga negara Eropa (saya lupa tepatnya), dan sekarang sudah jadi milik warga Indonesia asli. Tapi tetap saja tamu2nya lebih banyak bulenya.

Semua bagian dari hotel ini berasal dari Jawa (INDONESIA!). Mulai dari kap lampu sampai tegel, bahan makanan sampai tanaman …. Bahkan sebagian besarnya merupakan hasil daur ulang, hasil renovasi, hasil perburuan pemilik pertama hotel ini

ImageIni adalah bekas sebuah stasiun kereta api desa pada zaman penjajahan Belanda. Bangunan ini difungsikan sebagai ruang penerima tamu (reception)

ex stasiun kecil

Ini bagian samping (mantan) stasiunnya. Masih ada tulisan “Mayong-Losari …km”. Saya paling suka dengan pintu gesernya – barn door – dan besi2 kunonya.

losari receptions

losari receptions 2Dan ini foto2 bagian dalam stasiun kecil tadi. Simpel dan fungsional.

telepon jadul

Telepon jadul ini entah sudah berapa tahun menjalankan tugasnya. Bisa jadi telepon ini merupakan salah satu jenis telepon yang pertama kali masuk ke Indonesia. Atau tepatnya Jawa Tengah.

kotak posKotak pos merah ini masih menggunakan tulisan dalam bahasa Belanda. Letaknya ada di bagian depan bangunan, di dekat pintu masuk utama.

the club house

Ini dia lobi hotelnya … yang disebut “The Club House”. Di teras sebelah kiri, kita bisa menikmati “Tea Time” setiap hari, pukul 15.00 – 17.00.

Club House ini tidak terlalu besar. Luasnya kira-kira 81 m2. Tapi penataan dan perabotnya membuat kita serasa menjadi “tuan tanah” zaman Belanda dulu. Tuan tanah yang baik, tentunya 🙂

Dengan teras lebar mengelilingi Club House dan hawa pegunungan yang sejuk, bangunan ini menjadi tempat favorit keluarga saya untuk ngobrol di sore hari. Apalagi ditambah dengan jamuan minum tehnya yang “all-you-can-indulge” ! (dasar rakus!)

Faktanya selama 3 malam menginap di Losari, belum pernah kami bertemu dengan tamu hotel lain saat sedang menikmati Tea Time …. entah kita yang terlalu rakus atau tamu hotel yang terlalu malas …. atau mungkin karena kami lebih suka mendekam di hotel daripada jalan2 di sekitaran Magelang 😀

door to the club house

Ini pintu dua daun menuju bagian dalam lobi. Di sini kita menerima kunci kamar, minuman dan buah2 selamat datang, dan …. diantar ke vila

daun jendela 2

Jendela 2 daun yang membuat saya mencintai Club House (kalo bisa malah dibawa pulang tuh bangunan)

the corridor

Bagian dalam Club House dengan koridor menuju ruangan lainnya

the court

Di bagian depan ada taman dengan air mancurnya. Menarik untuk anak kecil, karena di kolam kecil itu ada ikan2 berenang. Tapi kami lebih suka nongkrong di teras Club House. Khususnya kalau hari sedang panas2nya

our favourite place to enjoy coffee & tea

ini dia teras Club House, dimana setiap sore diadakan Tea Time.

Di Vila Arum, sitting room

Area duduk di salah satu vila, yaitu Arum Vila. Vila ini bisa diisi 3 orang dewasa dan 1 balita.

the bed

with the bedside tableRanjangnya simpel. Semua serba putih, dengan bantal aksen warna merah. Sayangnya banyak hasil foto saya yang blur, karena pencahayaan yang kurang. Tegel kamar menggunakan tegel lawas, dan hampir semua perabotnya adalah hasil renovasi.

Lampu warna kuning memang paling pas untuk memberi suasana yang romantis dan ‘jadul’. Ditambah dengan kamera poket standar, jadilah foto2 tidak jelas yang tidak layak masuk blog (duh!)

Apalagi saya tidak memotret kamar saat pagi hari. Karena kalau sudah pagi, ga kelihatan bagusnya sih…. yang kelihatan malah barang2 kami yang berserakan di mana2 … hiks

Java Red buildingNah kalau untuk bangunan hotel, hasil fotonya lebih bagus. Karena foto outdoor lebih mudah didapat.

Ini adalah bangunan resto, Java Red. Tempat tamu hotel menikmati breakfast, lunch dan dinner. Pemandangan sekitarnya …. luar biasa !! Benar-benar kenikmatan tersendiri, makan pagi di antara pepohonan dan pegunungan. Ditambah hawa sejuk, semakin terasa aura liburannya 🙂

the barBangunan yang ini adalah bar, tempat kita bisa minum minuman beralkohol, bermain bilyard, dan tempat untuk mereka yang suka clubbing (ha!). Bangunannya lebih mirip rumah pedesaan (cottage) daripada sebuah bar. Hebatnya lagi, walaupun ada bar, lingkungan hotel tetap cenderung sepi. Entah pagi, siang maupun malam. Tidak heran kalau banyak tamu yang datang untuk ikut kelas yoga.

Saya sih lebih memilih ke kolam renangnya

stairs to the pool & spa

Untuk menuju kolam renang dan Spa,  kita harus menuruni tangga. Di beberapa bagian tangga ini ada pot bunga besar yang berisi air dan bunga2 yang terapung. Tatanan bunga di setiap pot berbeda satu dengan lainnya

IMG4022

IMG4021

IMG4060

IMG4058

IMG4041

IMG4042

IMG4043

IMG4046Kursi-kursi di teras kolam renang menggunakan kursi yang banyak ditemukan di rumah2 desa. Semuanya dalam keadaan kusam dan tua. Hanya dibersihkan dan diplitur ulang saja. Tapi kesan ‘antik’nya masih sangat terlihat

IMG4061

IMG4062

Ini pemandangan dari teras menuju kolam renang. Kolam renang besarnya agak berbahaya untuk anak2, karena berbatasan langsung dengan taman di bawahnya. Kalau tidak diawasi, anak2 bisa dengan mudah keluar dari kolam, dan terjatuh ke taman di bawah !

Bagaimanapun juga, Losari Retreat memang tempat yang cocok untuk beristirahat dan mencari suasana tenang.

Selamat mengikuti perjalanan The House We Called Ours ke penginapan berikutnya. Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s