Jalan-jalan : Hotel, Motel, etc (bagian 2)

Kali ini kita mengunjungi pulau paling top di Indonesia : Bali !! Saking terkenalnya, saya sering mendapat pertanyaan, ‘Bali itu di mananya Indonesia?’. Waktu saya jawab bahwa Bali adalah bagian dari Indonesia, para penanya langsung terheran-heran. Mungkin mereka tidak menyadari bahwa Bali itu bukan sebuah negara, tapi salah satu pulau cantik milik Indonesia.

Kenyataannya Bali memang satu-satunya pulau di Indonesia yang bisa menerima perbedaan suku bangsa dan budaya internasional yang datang ke sana. Menurut saya begitu sih. Karena setiap kali saya jalan2 di pantai2 terkenal di Bali, tidak pernah ada orang yang bersiul, bersorak, menggoda wanita2 yang sedang melintas atau berjemur dengan busana minim. Warga Bali malah dengan antusias mendatangi mereka untuk mengajak ngobrol, entah karena ingin menjajakan produknya atau hanya sekedar ingin belajar berbicara dalam bahasa Inggris.

Di post ini saya ingin menampilkan foto2 salah satu hotel cantik di Bali. Hotel ini termasuk murah untuk ukuran Bali, khususnya daerah sejuk Ubud. Tapi penataan dan lingkungan sekitar hotel yang membuatnya jadi istimewa. Apalagi daerah sekitar hotel sangat ideal untuk menjauh dari kesibukan kota besar.

Hotel kecil ini hanya memiliki kurang dari 50 kamar. Restorannya pun tidak besar. Tapi peminatnya begitu banyak, sampai-sampai kami hanya bisa 2 kali menginap di sana. Walaupun sudah melakukan pemesanan 6 bulan sebelumnya (!). Bisa jadi karena peraturan hotel yang memperbolehkan pemesan melakukan pembatalan pesanan 2 minggu sebelum tanggal check-in dengan garansi uang kembali 100%.

Apapun alasannya, terbukti dari 2 kali kunjungan kami ke sana, hotel ini selalu dalam keadaan penuh.

Langsung saja kita melihat-lihat hotelnya

Tegalsari 2

Jalan masuk dari arah belakang (lobi lama)

Tegalsari 3

Ini tempat peristirahatan sopir lo ! Lucu sekali deh. Dan adem…

Tegalsari 4

Tegalsari 5

Kafe kecil yang melayani para tamu hotel yang enggan keluar dari kamarnya. Harganya sangat terjangkau. Paket makan pagi sekitar 50ribuan, dan nasi goreng sekitar 30ribuan.

Tegalsari 6

Kolam ikan di dekat kafe. Taman yang seakan dibiarkan tidak terawat malah membuat suasana hotel jadi lebih nyaman dan sejuk. Banyaknya tanaman juga berhasil meredam teriknya sinar matahari siang hari.

Tegalsari 8

Walaupun kecil, kolam renangnya punya pemandangan sawah yang menyegarkan. Di samping kolam renang juga ada gazebo fitness dan gazebo spa. Tapi kalau kita termasuk orang yang tidak suka ‘buka-bukaan’ di depan orang lain, staf hotel akan membawa kita ke spa mereka. Ga jauh kok. Hanya 5 menit naik mobil.

Tegalsari 9

Ini jalan lama menuju cottage 2 di bagian belakang. Kalau malam suasananya asik banget!! Sayang sekarang lanskap hotel sudah berubah ….

Tegalsari 10

ini teras salah satu cottagenya.

Tegalsari11

Kamar tidur deluxe ini bisa diisi 5 orang lo. Kamarnya luas dan nyaman.

deluxe 1

Area duduk di bagian depan di dalam kamar deluxe yang bisa diubah menjadi extra bed gratis!

deluxe 2

Ini penataan standard kamar deluxe. 1 ranjang queen dan 1 ranjang single

deluxe 5

deluxe 3

Ini kamar mandinya. Lengkap dengan bathtub, shower, WC dan wastafel

deluxe 4

deluxe 6

Pemandangan sawah seperti ini yang bisa dinikmati para tamu kamar deluxe setiap harinya. Makan pagi dengan suasana seperti ini dan hawa sejuk khas persawahan …. jelas nyaman !!

Tegalsari 31

ini teras kamar standard. Simpel dan khas pedesaan.

Tegalsari 12

Jalan setapak ini menuju lobi baru yang menghadap ke jalan Hanoman, serta 2 vila terbaik yang dimiliki hotel ini. Sekarang seharusnya sudah ada 3 vila yang bisa dipilih.

Tegalsari 13

Ini pintu masuk menuju vila dengan nama unik, Vila Sesapi. Vila ini punya 2 kamar tidur yang bisa disewa terpisah. Satu kamar tidur di atas dan satu lagi di bawah.

Kamar tidur di bawah dilengkapi dengan dapur mungil, kamar mandi yang luas,   kolam renang mini, ruang duduk, dan ruang makan.

sesapi b

sesapi a

sesapi d

dipan di bagian kanan bisa digunakan sebagai extra bed gratis

sesapi e

sesapi c

sesapi g

Gantungan handuk di shower ini menggunakan 2 batang besi yang ditanam ke lantai, dan bilah2 kayu yang berfungsi sebagai penggantung. Simpel dan mudah ditiru !

Kamar mandi di Vila Sesapi ini super luas. Dan menggunakan AC !. Ada shower, bathtub yang sejajar dengan lantai, WC dan wastafel luas. Ditambah dengan lemari pakaian di sebelah kanan wastafel.

Uniknya, dinding kamar mandi bisa dibuka seluruhnya. Dinding yang juga berfungsi sebagai jendela ini menggunakan engsel pivot, sehingga kita tinggal mendorongnya saja. Dinding ini juga ada di ruang duduk dan ruang makan/dapur.

Sirkulasi udara di kamar mandi ini sangat nyaman. Kalau jendelanya dibuka semua, bahkan di siang hari pun kita hanya perlu menyalakan ceiling fan untuk kamar tidur …..

Layak ditiru dan dipelajari untuk membuat rumah tinggal kita jadi adem dan nyaman tanpa harus menyalakan AC

sesapi f

Ruang duduk di Vila Sesapi. Ruang makan dan dapur ada di belakangnya. Kedua ruangan ini berbeda ketinggian. Dari ruang duduk, kita bisa langsung ke kolam renang, atau ke kamar tidur atas. Kalau kita hanya menyewa kamar tidur di bawah ini, maka pintu penghubung ke lantai atas dikunci dari bagian ini.

sesapi pool

Kolam renang mini di Vila Sesapi

sesapi

Sementara kamar tidur di atas punya pemandangan luas ke sawah. Sayangnya saya belum punya kesempatan memotret kamar atas.

sarang bambu 16

sarang bambu 1

Ada 1 vila lagi, khusus untuk honeymooners. Vila Sarang Bambu ini cocok untuk berduaan dengan orang tersayang. Bisa juga bertiga dengan anak 😀

Ini jalan masuk ke kamar di Vila Sarang Bambu. Di sebelah kiri dan kanan jalan setapak ini adalah kolam ikan. Dangkal kok. Hanya sebetis orang dewasa saja.

sarang bambu 2

sarang bambu 4

Teras mungil di sebelah kamar tidur

sarang bambu 5

Kamarnya menggunakan pintu lipat yang bisa dibuka (semuanya! kecuali dinding TV) dan punya pemandangan sawah dan kolam renang mini tepat di sampingnya

sarang bambu 6

Lemari pakaian dan mini bar ada di bagian belakang ranjang. Penataan yang cerdik !! Bisa ditiru kalau kita punya kamar tidur dengan luas terbatas, tapi pengen punya fasilitas layaknya hotel.

sarang bambu 7

Bathtub dari batu palimanan hitam. Kelihatan gantungan handuknya? Sederhana sekali. Hanya dibuat dari 2 besi yang dicat hitam, dan batang kayu sebagai penggantungnya

sarang bambu 8

Wastafel lapang yang dibuat dari plesteran sederhana. Saya suka banget modelnya. Meminimalisasi cipratan air ke lantai.

sarang bambu 17

Gazebo privat untuk menikmati spa dan pijat, di depan kamar mandi.

sarang bambu 10

Dapur mungil di Vila Sarang Bambu ini punya perlengkapan lumayan lo. Ada kompor, bak cuci, dispenser, lemari es mungil, wajan, panci, dan peralatan makan. Jembatan kayu yang menghubungkan dapur dan kamar tidur ini berbatasan langsung dengan kolam renang mungil.

sarang bambu 11

Kolam renang di vila Sarang Bambu yang cukup dalam, sekitar 1, 75 meter.

sarang bambu 13

Pemandangan dari arah dapur. Kamar tidur yang menghadap langsung ke kolam renang. Di sebelah kanan adalah shower berdinding kaca. Mau mandi dengan pemandangan sawah? di sini tempatnya. Kalau malu, ada shower curtain yang bisa menghalangi pandangan ke dalam kok

sarang bambu 14

Teras menuju pintu keluar Vila Sarang Bambu

Jadi nama hotelnya apa? Hotel Tegalsari, Ubud. Tarif kamarnya di tahun 2012 mulai dari 300 ribuan sampai 600 ribuan. Sedangkan untuk Vila, mulai dari 1,1 jutaan sampai 1,7 jutaan.

Bulan yang paling pas untuk datang ke Bali adalah bulan Agustus dan September. Karena pada bulan2 itu angin musim dingin dari Australia dan Selandia Baru bertiup sampai ke Bali.

Dan kalau datang ke Pulau Bali di bulan Agustus, anda bisa membeli buah arbei yang manis dan merah matang di daerah Bedugul.

Selamat menikmati pulau Bali !!

Dan sampai jumpa di post berikutnya.

NB : post ini bukan promosi. saya tidak dibayar untuk menuliskannya. saya hanya sekedar sharing tentang hal2 yang berhubungan dengan The House We Called Ours

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s