Transfer Foto Menggunakan Mod Podge

Sudah lama saya ingin mencoba transfer foto/gambar dengan menggunakan Mod Podge. Waktu saya mencari cara transfer foto di google images maupun Youtube, sepertinya sangat menarik. Dan setelah berkali-kali menonton tutorialnya, akhirnya saya memberanikan diri mencoba transfer foto. Bukan pakai Mod Podge Photo Transfer seperti seharusnya, tapi menggunakan a) Mod Podge Paper Matte, dan b) Mod Podge Gloss. Mengapa tidak menggunakan Photo Transfer, yang fungsinya khusus untuk transfer foto? Alasannya banyak.

1. Harga Photo Transfer lebih mahal – jualan Mod Podge tidak membuat saya bisa bebas menambah koleksi Mod Podge saya kapanpun saya mau 🙂

2. Saya mendatangkan Mod Podge hanya beberapa kali dalam setahun. Dan sudah 2 tahun saya maju-mundur memutuskan akan beli Mod Podge Photo Transfer atau tidak. Kalau harus mundur lagi belinya, tidak akan ada tutorial ini (tutorial termasuk bahasa Indonesia atau tidak ya?)

3. Yang tersedia di rumah sekarang adalah 2 tipe Mod Podge itu

4. Saya ingin membuktikan sendiri bahwa transfer foto tidak harus menggunakan Photo Transfer

Dan akhirnya berhasillah saya menyusun tutorial ini setelah tertunda sekian minggu.

Awalnya saya sempat kebingungan karena dalam tutorial yang saya tonton, disebutkan bahwa untuk mendapatkan hasil foto transfer terbaik, kita harus menggunakan pencetak Laserjet untuk mencetak gambar/tulisan yang kita inginkan. Karena kalau hasil cetak kita menggunakan Inkjet, ada kemungkinan tinta cetaknya bakal luntur saat diolesi Mod Podge (yang cukup cair). Sedangkan di sekeliling saya semuanya menggunakan Inkjet. Setelah bertanya kesana kemari, saya baru tahu bahwa pencetak Laserjet biasanya hanya ada di perkantoran, karena harganya yang cukup mahal. Jadi akhirnya saya harus minta tolong pada kakak saya yang – kebetulan – bekerja di kantor yang memiliki pencetak Laserjet. Gambar dikirim melalui surat elektronik, dan ……. untuk mendapatkan hasilnya saya harus menunggu 2 minggu (!!!). Karena kami tinggal di kota yang berbeda.

IMG_20140808_130217

Bahan yang diperlukan sederhana dan mudah didapat di sekitar kita.

1. Kuas spons/kuas biasa

2. Mod Podge

3. Hasil cetak

4. Selembar tripleks (sebaiknya yang berwarna muda, seperti dalam foto)

5. Serbet (atau potongan celana sobek…..haha)

6. Meja yang siap dibuat kotor dan belepotan

7. Penerangan yang cukup (sinar matahari atau lampu)

Di tahap pertama ini saya mengoleskan Mod Podge ke atas kertas, dan menempelkan kertasnya secara terbalik ke atas tripleks.

Kesalahan Pertama : Saya lupa meminta kakak saya untuk mencetak tulisannya secara terbalik. Seharusnya gunakan perintah REVERSE dalam menu PRINT.

Kesalahan Kedua : Saya dengan lugunya menempelkan kertasnya begitu saja ke atas tripleks. Mengapa? Penjelasan ada di bawah 🙂

IMG_20140809_104420

Tahap kedua di kerjakan setelah kertas menempel sempurna di atas tripleks, dan Mod Podge mengering. Saya meninggalkan proyek ini semalaman. Di tahap ini sediakan :

1. Baskom isi air (bisa diganti botol semprot isi air, asal semprotannya halus, seperti face spray)

2. Spons cuci piring/serbet

IMG_20140809_104546

Celupkan spons/serbet ke dalam air, dan mulailah membahasi kertas sampai tulisannya terlihat (seperti dalam foto di atas). Nasi sudah menjadi bubur, tulisan terbalik apa boleh buat….tetap harus dilanjutkan.

IMG_20140809_105442

Setelah seluruh bagian kertas menjadi basah, mulailah menggosok kertas tersebut dengan lembut. Ternyata kertas itu punya beberapa lapisan (paling sedikit 2), dan yang mengelupas adalah lapisan paling atas. Sedangkan lapisan bawahnya masih menempel di tripleks

IMG_20140809_150603

di foto ini, hampir semua lapisan atas sudah terlepas, dan bahkan lapisan bawahnya ikut terlepas, karena saya terlalu bersemangat menggosoknya. Hasilnya jadi berlubang-lubang!!

IMG_20140818_173232

Jadi akhirnya saya memutuskan untuk mencoba lagi. Kali ini dengan menggunakan pencetak Inkjet. Kalaupun tintanya sampai luntur dan hasilnya mengecewakan, saya masih bisa mengelupas seluruh lapisan kertas sampai tripleks bersih kembali. Catatan penting : gunakan pencetak Inkjet dengan tinta aslinya, bukan tinta suntikan!!!

Dalam percobaan ke2 ini, saya menggunting bagian2 di sekeliling gambar sampai tinggal gambarnya yang tersisa. Dengan harapan supaya yang menempel di tripleks nantinya hanya bagian2 yang diinginkan tertempel di situ. Untungnya kali ini percobaan saya jauuuhhh lebih berhasil dibandingkan yang pertama. Dengan metode yang sama persis, saya menerapkan bagian membasahi dan menggosok dengan lebih berhati-hati. Jadi hanya bagian yang akan saya gosok saja yang dibasahi. Setelah selesai satu bagian, baru pindah ke bagian yang lain.

IMG_20140820_194110

 Ini hasilnya !!!! terlihat abstrak karena diambil dari Google Earth, dan menggambarkan tapak tanah thehousewecalledours.

IMG_20140820_194128

Di foto ini bisa terlihat (sekilas) bahwa masih ada lapisan kertas yang menempel di tripleks. Jadi sebetulnya bukan foto/gambarnya yang berpindah ke tripleks. Menurut saya. Apakah penggunaan Photo Transfer akan merubah pendapat saya? Entahlah.

Oya, mengenai percobaan pertama …….

a relationship with God 2

Pada gambar ini saya menggambarkan garis2 beraneka ragam, yang seharusnya saya gunting untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Di sini gunanya memotong bagian2 kertas yang tidak penting : supaya bagian2 itu tidak ikut terpasang di tripleks.

Dan yang jelas, akan ada percobaan2 berikutnya sampai saya puas dengan hasilnya. Atau sampai saya kehabisan Mod Podge (kayaknya mustahil!). Atau sampai pemilik pencetak kehabisan tinta Inkjetnya 😀

Ikuti terus perjalanan saya mewujudkan The House We Called Ours (dan pernak-perniknya)

Tuhan Yesus selalu memberkati 🙂

Leave a Reply

