Transfer gambar dan Keramik

IMG_20141106_130258

Seni decoupage bisa diaplikasikan ke banyak media. Tapi umumnya orang menggunakan media kayu, seperti kotak kayu, baki/tray kayu, meja kayu, kursi kayu dan lain sebagainya. Padahal masih banyak media yang bisa dihias dengan seni ini. Contohnya plastik, kertas, metal dan keramik.

Karena itu kali ini saya mencoba transfer gambar ke atas keramik. Kebetulan banyak persediaan keramik murah, yang harusnya dipakai untuk pembangunan rumah ๐Ÿ˜€ Kebetulan lagi, keramik yang saya gunakan ini memiliki permukaan yang tidak kilap, sehingga tidak licin. Yang berarti akan ada alasan untuk menggunakan keramik yang kilap dan licin sebagai media percobaan decoupage berikutnya ๐Ÿ˜€

Untuk Mod Podgenya, saya menggunakan Mod Podge Paper karena hanya ini yang tersedia. Selain itu saya juga penasaran, apakah Mod Podge Paper juga bisa digunakan untuk transfer gambar.

Sedangkan gambar yang saya gunakan adalah gambar seorang gadis cilik yang menggunakan baju dan topi kerudung khas pedesaan zaman tahun 1970an. Gambar ini dulu saya kenal sebagai ‘gadis Sarah Kay’ dan merupakan ciptaan seorang ilustrator Australia bernama ย Vivien Kubbos (http://www.sarahkay.com/about-sarah-kay/about-the-artist/). Gambarnya sendiri saya dapatkan melalui akun facebook Bagus-bagus Wrapping.

Tehnik yang saya gunakan pada saat transfer gambar sama persis dengan tehnik sebelumnya. Hanya saja kali ini saya lebih bersabar menunggu sampai 24 jam sebelum mulai menggosok gambar. Dan hasilnya benar-benar memuaskan !! Entah karena saya lebih berhati-hati dalam menggosok, atau karena waktu tunggu yang lama……

Dan karena ada beberapa gambar seri Sarah Kay yang sudah saya miliki, saya akan mencoba transfer gambar ke keramik lagi, tapi menggunakan media Mod Podge yang berbeda. Demi kepuasan saya sendiri? atau demi keinginan saya untuk mengetahui perbedaan penggunaan setiap media Mod Podge dan semacamnya? Pertanyaan yang saaangat sulit untuk dijawab ๐Ÿ™‚

Terima kasih sudah mengikuti perjalanan kami dalam The House We Called Ours

Tuhan Yesus Memberkati ๐Ÿ™‚

3 thoughts on “Transfer gambar dan Keramik

  1. Mlm maggie,aku mo ty ttg mod pogde outdoor..soale bb.mu ga bisa sama sekali.. tolong kabari yah..thank you..
    Regards,
    Fang

Leave a Reply

